Sabtu, 26 September 2009

Persiapan buat Ramadhan

Sebulan adalah waktu yang tidak sebentar. Ibarat pelari marathon, sho-imin (orang yang puasa) hendaknya punya persiapan yang matang. Nah, di antara modal yang kudu disiapkan untuk menyambut romadhon adalah :
1. Stamina yang prima jelas dibutuhkan. Bukan saja sehat secara fisik, rohani pun harus sehat. Orang yang imannya selapis kulit bawang akan mudah kepayahan.
2. Kita butuh modal pengetahuan tentang puasa. Orang yang puasa pakai ilmu, jauh berbeda dengan yang ngasal. Menurut imam al-ghazali. Puasa yang cuma menahan lapar dan haus itu tak lebih dari puasanya ulat yang lagi bermetamorfosa jadi kupu. Seyogyanya puasa kita juga menahan mata, telinga, mulut, dari pandangan, pendengaran serta obrolan yang sia-sia, apalagi yang membuat puasa tidak berpahala. Lebih dari pada itu, adalah menahan hati, keinginan dan seluruh panca indera. Inilah puasanya para Nabi dan Mukmin yang ingin mencapai takwa yang sebenarnya.
3. Perlunya mengkaji sejarah Rosululloh dan para sahabat-sahabatnya, agar meninggalkan jejak yang nyata bagi kesuksesan ibadah kita.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar